Jumat, 11 Mei 2007

STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN PABRIK PENGOLAHAN KELAPA SAWIT SKALA KECIL DI KECAMATAN PUBIAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Oleh: HASAN HUSAINI
S2 - Magister Agroindustri
Dibuat: 2007-05-11 , dengan 1 file(s).
Keywords: Kelapa sawit
Subject: KELAPA SAWIT, PENGOLAHAN
Call Number: 664.804 61 Hus s C.1

ABSTRAK :
Kecamatan Pubian dan sekitarnya di Kabupaten Lampung Tengah memiliki potensi pengembangan industri pengolahan minyak kelapa sawit skala kecil karena didukung dengan banyaknya bahan baku TBS dari perkebunan rakyat dengan luas 2.542 Ha dengan jumlah produksi 74.054 ton TBS per tahun.
Berdasarkan potensi bahan baku TBS tersebut diatas maka perlu dikembangkan pabrik pengolahan kelapa sawit skala kecil disekitar perkebunan rakyat yang dapat meningkatkan pendapatan petani dan menguntungkan pabrikan/pengusaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan agroindustri kelapa sawit sekala kecil. Pertimbangan utama dalam pendirian unit pengolahan CPO adalah tingkat kelayakan usaha meliputi aspek pasar dan pemasaran, teknis dan teknologis, ketersediaan bahan baku, finansial dan lingkungan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survey, melalui pengumpulan data berupa data primer dan sekunder yang diperoleh secara langsung melalui peninjauan lapang, wawancara, dan studi pustaka. Metode analisis data
Hasan Husaini dalam penelitian ini adalah analisis kelayakan: Bahan baku, Pasar dan Pemasaran, Teknis

dan teknologi, Finansial, Sosial dan Lingkungan. Analisis finansial menggunakan criteria investasi NPV, IRR dan Payback priod, Net B/C ratio. Untuk mengetahui pengaruh kenaikan/penurunan harga bahan baku maupun produkserta pengaruh lainnya maka dilakukan Analisis Sensitifitas.

Hasil Analisis kelayakan usaha menunjukkan bahwa industri pengolahan minyak kelapa sawit skala kecil di Kecamatan Pubian layak untuk ditumbuhkembangkan karena bahan baku untuk pabrik pengolahan kelapa sawit skala kecil hanya memerlukan 6.000 ton '1'BS pertahun yang dapat disediakan areal tanaman kelapa sawit seluas 600 Ha, sedangkan produksi TBS sawit rakyat di Kecamatan Pubian dan sekitarnya mencapai 25.556 ton per tahun.

Hasil penelitian terhadap kelayakan teknis dan teknologisnya ternyata produk yang dihasilkan berupa CPO dengan mutu telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan dengan ALB < irr=" 41,76%"> 1 maka investasi kegiatan ini layak dilaksanakan dengan Payback periodnya selama 2 tahun 11 bulan. Net B/C rationya positif artinya usaha ini layak dilaksanakan.
Analisis sensitivitas menunjukkan bahwa bila kenaikan harga pokok produksi sebesar 10% dan penurunan harga CPO sebesar 10% layak untuk dilaksanakan.

Hubungi kami:

DL Name: Lampung University Library

PublisherID: LAPTUNILAPP

Organization: Lampung University

Contact: Perpustakaan Universitas Lampung

Address: Jl.Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1

City: Bandar Lampung

Region: Lampung

Country: Indonesia

Phone: 62-721-706352

Fax: 62-721-706351

Admin Email: dedi[at]unila.ac.id

CKO Email: library[at]unila.ac.id

sumber : http://digilib.unila.ac.id/go.php?id=laptunilapp-gdl-s2-2007-hasanhusai-606

Tidak ada komentar:

Posting Komentar